PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM

Proses pendidikan yang berakar dari kebudayaan, berbeda dengan praksis pendidikan yang terjadi dewasa ini yang cenderung mengalienasikan proses pendidikan dari kebudayaan. Kita memerlukan suatu perubahan paradigma [paradigma shift] dari pendidikan untuk menghadapi proses globalisasi dan menata kembali kehidupan masyarakat Indonesia. Cita-cita era reformasi tidak lain ialah membangun suatu masyarakat madani Indonesia1, oleh karena itu, arah perubahan paradigma baru pendidikan Islam diarahkan untuk terbentuknya masyarakat madani Indonesia tersebut.

Arah perubahan paradigma pendidikan dari paradigma lama ke paradigma baru, terdapat berbagai aspek mendasar dari upaya perubahan tersebut, yaitu, Pertama, paradigma lama terlihat upaya pendidikan lebih cenderung pada : sentralistik, kebijakan lebih bersifat top down, orientasi pengembangan pendidikan lebih bersifat parsial, karena pendidikan didisain untuk sektor pertumbuhan ekonomi, stabilitas politik dan keamanan, serta teknologi perakitan. Peran pemerintah sangat dominan dalam kebijakan pendidikan, dan lemahnya peran institusi pendidikan dan institusi non-sekolah. Kedua, paradigma baru, orientasi pendidikan pada: disentralistik, kebijakan pendidikan bersifat bottom up, orientasi pengembangan pendidikan lebih bersifat holistik; artinya pendidikan ditekankan pada pengembangan kesadaran untuk bersatu dalam kemajemukan budaya, kemajemukan berpikir, menjunjung tinggi nilai moral, kemanusiaan dan agama, kesadaran kreatif, produktif, dan kesadaran hukum. Meningkatnya peran serta masyarakat secara kualitatif dan kuantitatif dalam upaya pengembangan pendidikan, pemberdayaan institusi masyarakat, seperti keluarga, LSM, pesantren, dunia usaha2, lemabag-lembaga kerja, dan pelatihan, dalam upaya pengelolaan dan pengembangan pendidikan, yang diorientasikan kepada terbentuknya masyarakat nadani Indonesia. 

Download Materi Lengkap PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM

Comments

3 Responses to “PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM”

  1. khodijah on Agustus 25th, 2009 20:11

    Ass.wr.wb
    Sblmnya saya sngt b’trimakasih krn bapak sdh b’kenan me-upload tlsn2 bpk dlm intrnet,dan sy sbg slh seorng yg srng m’gunakan tlsn bpk sbg refrensi ttg pddkn islam.
    Pak,sy ingin bngt ikt b’gabung di LSM peduli pddkn di jogja.sy ingin mlht knds riil prmslhn2 pddkn islam saat ini,agr utk slnjtnya sy bs eksis dibid.pemikiran pddkn islm,m’ikuti jejak bpk.
    Mohon rekomendasinya ya pak..
    Trimakasih..
    Tulisan2 bpk slnjtnya sangat sy nanti. Trimakasih.

  2. AKHMAD ROWI on Mei 29th, 2013 10:56

    Mohon ijin mengcopynya pak, semoga bermanfaat bagi kami.dan terima kasih atas ijinnya, semoga Allah melipatgandakan pahala atas kebaikan Bapak ini.

  3. Hujair Sanaky on April 25th, 2014 00:19

    silahkan aja, asalkan tetap menjaga cara2 mengutip tulisan…

Got something to say?