Hikmah; Manfaat,Tujuan di Balik Puasa Ramadhan

Ibadah puasa ramadhan adalah wajib hukumnya di dalam Islam.Puasa bila ditinjau dari segi bahasa adalah menahan diri. Dari sisi syara’ adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa sejak dari terbit fajar sampai terbenam matahari yang disertai dengan niat.Ibadah puasa memiliki hikmah yang luar biasa. Selain telah diwajibkan pada umat Nabi Muhammad, puasa juga telah diwajibkan kepada umat-umat manusia terdahulu.

Kewajiban puasa adalah kewajiban yang sudah ada sejak dulu kala kepada umat-umat manusia terdahulu.Inilah yang menjdi keistimewaan puasa, sehingga orang terdahulupun memiliki tuntunan ibadah puasa.Katakan saja,“puasa sudah dikenal sejak zaman bangsa Mesir Kuno dan selanjunta meluas sampai ke Yunani dan Romawi. Dalam Taurat, puasa juga disebutkan bahwa orang yang melakukan puasa sangat dipuji, hanya saja tidak disebut wajibnya puasa.Nabi Musa sendiri melaksanakan puasa selama 40 hari. Dalam kitab injil juga tidak ada bagian yang menyebutkan wajibnya puasa. Tetapi disebutkan bahwa puasa merupakan salah satu jenis ibadah yang sangat terpuji (Amad Mustafa Al-Maraghi, 1984:124).

Allah mengabarkan kepada umat Muhammad,bahwa puasa itu juga telah diwajibkan kepada umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa.Inipun dalam rangka memotivasi dan menghibur hati umat manusia sekarang ini. Tatkala mereka mengetahui bahwa puasa juga sudah diwajibkan kepada umat-umat selain mereka, niscaya puasa itu akan terasa ringan bagi mereka. Ini merupakan salah satu cara untuk mendidik, memotivasi, dan menghibur umat manusia yang berpuasa.

Selengkapnya silahkan download 

Comments

Got something to say?